Disaat Masalah Memuncak: Bersyukurlah, Maka Semua Akan Baik-Baik Saja


Pernahkah kita menemui masalah dimana tidak ada jalan keluar, semua cara berakhir dijalan buntu..?
Ya selaku manusia biasa dan normal itu kemungkinan terjadi atau akan terjadi pada diri kita.

Jika saat ini anda mengalami masalah seperti itu, dan anda mencari solusi, iseng-iseng cari di google dengan kata kunci “cara mengatasi masalah” dan anda menemukan tulisan ini, maka itu adalah satu cara bijak.
Karena adanya keinginan anda mengatasi masalah bukan menghindarinya. Dan ingatlah, bukan anda saja yang pernah mengalami sperti itu, tetapi banyak orang termasuk saya. Itu adalah hal wajar sebagai manusia normal.

Satu solusi yang tepat pada keadaan seperti ini yang diperlukan dari anda adalah pengendalian diri dari pikiran anda. Cobalah bagi pikiran anda yang saat ini memang berkecamuk. Jangan hanya memikirkan efek dari masalah, tetapi pikirkan juga bahwa ini adalah hal biasa dan akan berlalu.

Bersyukur adalah kuncinya. Apa masalah anda..? Kesehatan anda atau keluarga yang sedang parah-parahnya, Keuangan yang diperlukan memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak, Jabatan, Harga diri, Percintaan yang menyakitkan atau apa saja.

Jika anda bersyukur, semua akan terasa aman dan anda akan baik-baik saja. Dengan bersyukur mungkin masalah anda tidak terpecahkan dengan cara seperti yang anda inginkan, tetapi akan terobati dengan jalan lain yang intinya tetap membawa hikmah anda akan baik-baik saja.

Misalnya masalah anda adalah percintaan dengan kekasih yang sedang kacau-balaunya. Pikiran anda saat membaca tulisan ini berada pada level tegangan tinggi. Maka coba sejenak anda bersyukur atas apa yang dilmiliki dan sedang terjadi.  Syukuri masalah ini terjadi disaat anda dalam keadaan sehat fisik dan psikis, syukuri anda tahu akibat kesalahan anda membawa dampak yang hebat bagi kekasih yang nantinya bisa anda rubah dan tidak akan ulangi, dan jika kekasih ternyata tega meninggalkan anda, syukuri bahwa anda tahu lebih awal bagaimana sikapnya, sehingga tidak berjalan terlalu jauh, karena anda akan bisa mendapatkan penggantinya lebih sempurna, tidak memiliki sifat seperti yang baru saja meninggalkan anda.

Atau yang paling banyak masalah anda terkait dengan keuangan. Misalnya anda dengan gaji pas-pasan, utuk menutupi kebutuhan hidup saja telah tercatat hutang dimana-mana, disaat yang sama, pada awal semester satu atau dua orang anak anda harus membayar uang kuliah semester sementara uang anda tidak ada dan hutang dimana-mana. Tidak ada peluang lagi untuk meminjam kepada orang terdekat, sementara anak-anak meminta terus karena memang itu hal wajib juga untuk dipenuhi.

Pada saat seperti ini, cobalah santai sejenak, manjakan dan puji usaha anda. Masalah yang sedang anda hadapi adalah karena suatu cita-cita keinginan untuk lebih baik. Dalam hal ini bagaimana agar anak bisa menjadi seorang sarjana walau keadaan keuangan anda sebenarnya tidak memungkinkan.

Bersyukurlah anda telah diberi kesempatan berjalan dijalur yang seharusnya anda tidak mampu, tapi kenyataanya sekarang anda berada pada jalur itu walau tertatih-tatih. Jadi hal wajar pengorbanan yang tersa pahit akan anda hadapi. Bisa saja masalah ini tidak aka ada, asalkan anak anda tidak kuliah dan tidak ada harapan baginya untuk jadi sarjana. Jadi tetaplah bersyukur, karena usaha dan pengorbanan anda akan dibayar dengan hasil yang setimpal sesuai cita-cita anda, apapun itu. Sebagai perbadingan lihatlah orang lain yang anda kira hidupnya senang tanpa ada tekanan. Itu mengapa..? Karena mereka tidak dalam proses menjalankan suatu rencana. Mereka akan anda kalahkan disaat anda nantinya memetik hasil.

Bagaimana jika masalah datangnya dari kesalahan diri sendiri..? tetaplah gembira, anda melakukan kesalahan itu karena tidak mengira akan begini dampaknya, tau anda sudaha tahu dampaknya tetapi tidak mengira bagaimana sakitnya. Ya itu adalah satu hal wajar yang harus anda terima sesuai dengan kesalahan anda. Tetapi bukan suatu akhir hidup anda, namun menjadi awal merubah perilaku negative. Bersyukurlah dengan kejadian ini menyadarkan anda untuk lebih baik kedepannya walau harus memulai dari awal, itu adalah yang terbaik.
 
Setelah Membaca, Ayo Berbagi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar